Senin, 12 November 2012

PENGANTAR SISTEM INFORMASI





PENGANTAR SISTEM INFORMASI
SISTEM
Sistem merupakan suatau bagin dari sekelompok atau susunan atau bagian yang saling berhubungan dan tidak dapat di pisahkan karena saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.
SUB SISTEM dan SUPER SISTEM
 
Sub sistem dan Supra sistem merupakan bagian kesatuan yang tak dapat dipisahkan, karena semua saling berhubungan.
Contohnya jika diler mobil sebagai suatu sistem, mobil adalah supra sistem, dan bagian-bagian mobil merupakan sub sitem.
MODEL UMUM SISTEM
Ada lima komponen utama dalam sistem  yang memebuat suatu sistem dapat bekerja dengan baik. Penjelasan sederhana, Jadi INPUT merupakan bagian data masukan yang kemudian di PROSES untuk mengeluarkan outputnya, tetapi dalam pemrosesan tersebut akan ada batas-batas yang berlaku yaitu KENDALA setelah dari kendala itu kemudian  di KONTROL apakah baik atau tidak karena kontrol merupakan pengawas beroprasinya suatu sistem, setelah proses itu telah tercapai kemudian akan keluar OUTPUT untuk mencapai TUJUAN bila tujuannya  atau sasarannya berhasil maka akan berhaenti dan di simpan sebagai data untuk hal yang lebih besar dari sebelumnya ,(contohnya  seperti pertandingan bola gawang mini, bila berhasil maka akan disimpan sebagai data baru untuk perlombaan yang lain seperti perlombaan bola futsal ), bila gagal atau baerhail maka akan di UMPAN BALIK  ke input dan kemudian di lakukan pemrosessan ulang sampai berhasil bila tujuannya gagal karena umpan balik merupakan pengaman dan pemeliharaan dan sebagainya.
 
KALSIFIKASI SISTEM
§  Natural System vs Human Made
o   Natural, sistem alamiah : itu merupakan sistem yang sudah ada atau yang sudah siap, sedangkan
o   Human Made, sitem buatan manusia : ini merupakan suatu sistem yang dibuat atau dicaiptakan oleh manusia itu sendiri.
§  Open system vs Closed system
o   Opan system, itu merupakan system yang terbuka dengan campur tangan pihak lain, sedangkan
o   Closed system, itu merupakan system yang tertutup dengan campur tangan pihak lain.


SISTEM INFORMASI
James B Bower dkk dalam bukunya Computer Oriented Accounting Informations System:

            Sistem informasi adalah suatu cara tertentu untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh organisasi untuk organisasi bisnis dengan cara yang menguntungkan.  

Pada dasarnya sistem merupakan suatu sistem yang dibuat oleh manusia, kemudian terdiri dari komponen-komponen dalam organisasi dan, untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar